Minggu, 27 Mei 2012

Pengantar Jaringan Komputer

Jaringan adalah sekelompok komputer dan perangkat lain, seperti printer dan modem, terhubung ke satu sama lain. Hal ini memungkinkan komputer untuk secara efektif share data dan resources. Konsep sharing resource melalui jaringan disebut jaringan. Komputer dalam jaringan dapat berbagi data, pesan, grafik, printer, mesin fax, modem, resource hardware dan software lainnya.

Elemen-elemen jaringan dapat kita lihat dibawah ini :

·       Server

Server merupakan komputer yang menyediakan shared resource (sumber daya bersama) untuk pengguna jaringan. Biasanya hanya satu server dalam jaringan kecil, tetapi jaringan yang lebih besar dapat memiliki lebih dari satu server.

·       Client 

Client merupakan komputer yang dapat mengakses resource (sumber daya) jaringan yang disediakan oleh server.

·       Media

Komputer dalam jaringan saling terhubung satu sama lain dengan komponen perangkat keras, seperti kabel. Komponen ini disebut media.

·       Shared data (Berbagi data)

Sebuah server menyediakan shared resource (sumber daya bersama) dan data melalui jaringan. File yang disediakan oleh server melalui jaringan disebut data share. Data share ini dapat berupa dokumen, worksheet (lembar kerja) atau folder.

·       Resources Sumber Daya

File, printer atau item lainnya yang dapat digunakan oleh pengguna jaringan dikenal sebagai resource (sumber daya). These resources can be either hardware or software resources. Resource ini dapat berupa resource Hardware atau Software.
Manfaat Jaringan komputer
Hampir semua organisasi, jaringan menawarkan keuntungan, seperti data sharing dan komunikasi online yang tidak disediakan oleh stand-alone environment (lingkungan dimana ada beberapa komputer yang tidak terhubung satu sama lain disebut stand-alone environment). Dalam pembahasan ini, Kita akan mengidentifikasi manfaat dari jaringan, seperti berikut ini :
·      Data sharing Sharing data
Data dapat dengan mudah sharable dalam jaringan sehingga pengguna lain bisa mengaksesnya setiap saat. Sebagai contoh, pengguna yang bekerja dalam sebuah tim ingin share data dengan anggota tim lainnya. Dalam lingkungan stand-alone, untuk share data, kita dapat melakukan pertukaran informasi secara verbal (lisan), menulis memo atau menempatkan data pada disket dan menyalinnya ke mesin (computer) dari anggota lainnya. Jika jaringan data dapat dengan mudah dibuat sharable dalam jaringan sehingga anggota tim lainnya dapat akses.
Sistem data storage (penyimpanan data) terpusat memungkinkan beberapa pengguna untuk mengakses data pada lokasi yang berbeda.
·      Resource sharing Resource sharing
Sharing Resource juga merupakan manfaat penting dari sebuah jaringan komputer. Sebagai contoh, jika ada empat orang dalam keluarga, masing-masing memiliki komputer sendiri, mereka akan memerlukan empat modem (untuk koneksi internet) dan empat printer, jika mereka ingin menggunakan resource pada saat yang sama. Sebuah jaringan komputer, dapat menyediakan alternatif yang lebih murah dengan penyediaan sharing resource untuk kasus diatas. Dengan cara ini, empat komputer dapat saling berhubungan, dengan menggunakan jaringan, dan hanya dengan satu modem dan printer secara efisien dapat memberikan pelayanan untuk semua anggota.Fasilitas share folder juga bisa dilakukan oleh anggota keluarga.
·      Manajamen Software Terpusat
Salah satu manfaat terbesar dari instalasi jaringan adalah kenyataan bahwa seluruh perangkat lunak yang dapat di-load pada satu komputer (server file). Ini menghilangkan yang perlu untuk spend time dan update energy installing dan file tracking (pelacakan) pada komputer independen di seluruh gedung.
·      Media Komunikasi
Sebuah jaringan komputer dapat menyediakan media komunikasi yang kuat bagi penggunanya yang tersebar luas pada lokasi fisik yang berbeda. Karena berfungsinya sebagai media komunikasi yang kuat, tidak menutup kemungkinan kita dapat melakukan share informasi dan resource.
·      Keamanan dan Manajemen Data
Di lingkungan bisnis, jaringan memungkinkan administrator dapat melakukan pengelolaan data yang penting perusahaan menjadi lebih baik. Malahan memiliki data tersebut dapat tersebar di puluhan atau bahkan ratusan komputer kecil secara sembarangan bagi penggunanya dapat membuat itu, sedangkan data dapat terpusat pada server yang di-share. Hal ini membuat mudah bagi setiap orang (pengguna) untuk mencari data, bagi administrator memungkinkan untuk memastikan data secara teratur di-backup, dan juga memungkinkan dalam pengimplementasian langkah-langkah keamanan untuk mengontrol siapa yang dapat melakukan pembacaan atau pengubahan berbagai informasi yang penting.
·      Speed Kecepatan
Melakukan sharing dan mentransfer file dalam Jaringan sangat cepat. Jaringan menyediakan metode yang sangat cepat untuk melakukan sharing dan mentransfer file. Sharing data dengan pengguna lain dalam lingkungan stand-alone membutuhkan transfer fisik data. Hal ini dapat dilakukan dengan menyalin data pada disket atau mengambil printout-nya. This requires more time and is inconvenient as compared to sharing the data over a network. Hal ini membutuhkan lebih banyak waktu dan akan lebih nyaman dibandingkan dengan sharing data melalui jaringan.
Kekurangan Jaringan komputer
Pada subbab diatas dibahas tentang manfaat jaringan computer, namun tidak menutup kemungkinan jaringan computer juga mempunyai kekurangan yang tak bisa kita hindari, akan tetapi hal ini juga bisa kita atasi yang selanjutnya akan dibahas kemudian. Dibawah ini ada beberapa kekurangan dari komputer Jaringan, yaitu :
a)    Biaya Penginstalan Mahal
Meskipun jaringan umumnya akan menghemat biaya dari waktu ke waktu, namun biaya awal pemasangan jaringan dapat menjadi penghalang. Pembelian komponen-komponen yang diperlukan jaringan sperti kabel, kartu jaringan, dan software cukup mahal, serta dalam penginstalasian pun mungkin memerlukan jasa seorang teknisi.
b)   Keamanan Data
      Jika jaringan dijalankan sebagaimana mestinya, itu mungkin kita harus lebih meningkatkan keamanan data yang penting, agar data tidak hilang atau bahkan dicuri. Sebaliknya, jaringan yang buruk keamanannya dalam menempatkan data penting itu berisiko, memperlihatkan masalah potensi yang berhubungan dengan hacker, akses yang tidak sah.
c)    Kabel akan Break (Patah atau Putus)
      Bila terjadi kerusakan satu kabel saja biasanya dapat menghentikan seluruh jaringan.
d)   Server File akan Fail (Gagal atau menjadi rusak)
Meskipun file server tidak lebih rentan terhadap gangguan atau kegagalan (failure) dari kebanyakan komputer lain, ketika file server " goes down," biasa diartikan “turun”, seluruh jaringan mungkin akan berhenti atau terputus-putus, istilahnya disebut halt. Ketika hal ini terjadi, seluruh jaringan akan kehilangan akses (lose access) pada program dan file yang diperlukan.
e)    Infeksi virus
Jika ada sistem komputer dalam jaringan tersebut terkena serangan virus komputer, ada kemungkinan ancaman ini dapat terpengaruh sistem lain juga. Virus bisa menyebar pada jaringan dengan mudah karena interconnectivity (saling keterkaitan) dari workstation. Penyebaran tersebut bisa berbahaya jika komputer memiliki database penting yang bisa rusak oleh virus.
Mengatasi Kekurangan pada Jaringan
Untuk mengatasi kekurangan pada Jaringan, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini :
A.   Masalah keamanan dan Infeksi Virus
Peningkatan usaha menghubungkan sistemnya dan Penggunaan Internet memiliki kekurangan. Ketika semua komputer dijaringankan, masalah satu user mungkin dapat mempengaruhi semua user lainnya. Kita harus mempertimbangkan potensi yang lebih besar atas kehilangan data, pelanggaran keamanan dan virus pada saat membuat jaringan.
Sangat penting memastikan keamanan data melalui backup rutin file, rutinitas password, dan log sistem. Hal ini penting untuk menghapus akses dari karyawan (sebagai user) yang pergi, jika mereka mungkin masih dapat mengakses data pelanggan.
Semua data kita akan disimpan di satu lokasi pada server, oleh karena itu kita harus mempersiapkan keamanan fisiknya untuk melindungi data tersebut. Peningkatan kualitas keamanan sistem kita untuk melindungi data bisnis kita terhadap serangan virus potensial dan hacking. Langkah yang bisa kita lakukan dalam keamanan Ini yaitu dengan software anti virus dan firewall atau software barrier (penghalang perangkat lunak).
Jika user dari local server kita memerlukan akses network while off-site, kita mempertimbangkan virtual private network (jaringan virtual pribadi). Hal ini akan menciptakan sebuah link yang aman dan dapat melindungi informasi yang dikirim dan diterima.
B.    Persoalan File Server Fail Down
Dalam file server kita akan menemukan backup server yang gagal. Itu terjadi pada saat file server "goes down," maka kita akan menemukan backup server gagal. Untuk memecahkan permasalahan ini yaitu dengan membuat server cadangan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar